Senin, 21 Mei 2012

Gangguan Distimik


Bentuk yang lebih ringan dari depresi tampaknya disebabkan oleh suatu perkembangan kronis yang sering kali bermula pada masa kanak-kanak atau masa remaja ( Klein, dkk., 2000). Sebelumnya, formulasi diagnostik dari tipe kesedihan yang kronis disebut “neurosis depresi” atau “kepribadian depresi” (Brody, 1995).  Disebut seperti itu dalam usaha memperhitungkan sejumlah ciri yang umumnya terkait dengan neurosis, bermula saat awal masa kanak-kanak, gangguan yang kronis dan umunya berada pada tingkat keparahan yang ringan. DSM menyebut bentuk depresi ini sebagai gangguan distimik (dysthymic disorder) , atau distimia (dysthimia), diambil dari bahasa Yunani yang berarti “buruk” dan thymos berarti “spirit”.
Orang dengan gangguan ini merasakan spiirt yang buruk sepanjang waktu, namun tidak mengalami depresi yang sangat parah seperti yang dialami oleh orang dengan gangguan depresi mayor. Sementara gangguan depresi mayor cenderung parah dan terbatas waktunya, gangguan ini relatif lebih ringan dan kronis, biasanya berlangsung selama beberapa tahun ( Klein, dkk., 2000). Perasaan depresi dan kesulita sosial terus ada bahkan setelah orang tersebut menampakkan kesembuhan. Resiko dari kambuh kembali cukup tinggi (Klein dkk., 2000).
Pada gangguan distimik, keluhan mengenai depresi dapat menjadi semacam pelengkap dari kehidupan orang tersebut sehingga bagian tak terpisahkan dari struktur kepribadian mereka. Keluhan terus-menerus dapat membuat orang lain menganggap individu pengeluh (Akiskal, 1983). Meski gangguan distimik lebih ringan daripada gangguan depresi mayor, mood tertekan dan self-esteem rendah terus-menerus dapat mempengaruhi fungsi pekerjaan dan sosial.

Sumber :
Greene, B., Nevid, JS., Rathus. 2005. Psikologi Abnormal. Jakarta : Penerbit Erlangga

2 komentar:

  1. hei kawan, jangan lupa pasang link Universitas Gunadarma,
    studentsite dan lain lain karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill lho!

    Oh ya, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. link

    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755


    kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS ,silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus