Jumat, 04 Mei 2012

MASOKISME SEKSUAL


Masokisme seksual (sexual masochism), berasal dari nama seseorang Novelis Ustria, Leopold Ritter von Sacher-Masoch (1836-1895), yang menulis cerita dan novel tentang pria yang mencari kepuasaan seksual dari wanita yang memberika rasa nyeri/sakit pada dirinya, sering dalam bentuk flagellation (dipukul atau dicambuk). Masokisme seksual melibatkan dorongan kuat yang terus-menerus dan fantasi yang terkait dengan tindakan seksual yang melibatkan perasaan dipermalukan, diikat, dicambuk, atau dibuat menderita dalam bentuk lainnya. Dorongan itu dapat berupa tindakan yang menyebabkan atau didasari oleh distres personal. Pada sejumlah kasus masokisme seksual, orang tersebut tidak dapat  mencapai kepuasaan seksual jika tidak ada rasa sakit atau malu.
Pada sejumlah kasus, masokisme seksual melibatkan situasi mengikat atau menyakiti diri sendiri pada saat masturbasi atau berfantasi seksual. Pada kasus lain, pasangan diminta untuk mengikat (membatasi gerak), menutup mata (membatasi sensori), memukul, atau mencambuk seseorang. Sejumlah pasangan adalah pekerja seks, yang lain adalah pasangan resmi yang diminta untuk melakukan peran sadistis.
Ekspresi masokisme yang paling berbahaya adalah hipoksifilia (hypoxphilia), dimana partisipan merasa terangsang secara seksual dengan dikurangi komsumsi oksigennya, misalnya dengan jerat, kantung plastik, bahan kimia, atau tekana pada dada saat melakukan aktivitas seksual seperti masturbasi. Pengurangan oksigen biasanya disertai dengan fantasi sesak nafas atau dengan dibut sesak nafas oleh pasangan. Orang melakukan aktivitas ini biasanya menghentikannya sebelum mereka kehilangan kesadaran, tertapi kematian karena kehabisan nafas juga terjadi akibat salah perhitungan (Blanchard & Hucker, 1991)
Sumber :
Greene, B., Nevid, JS., Rathus. 2005. Psikologi Abnormal. Jakarta : Penerbit Erlangga

2 komentar:

  1. Mohon ijin bergabung untuk berbagi info tentang alat bantu yang dapat meningkat kan rangsangan seksual baik pria dan wanita, yang tertarik informasinya bisa di lihat disini: alat stimulasi

    BalasHapus